Kamis, 23 Juli 2009

Kulit Perlu Antioksidan

Kulit Perlu Antioksidan

SECARA normal, kulit memperbarui sel-selnya setiap 28 hari. Pemakaian lotion atau krim untuk kulit mungkin memang baik sebagai wujud perawatan dari luar, tetapi tidak menjamin nutrisi-nutrisi di dalamnya dapat masuk dan menyerap ke sel-sel kulit.

Pada zaman segala sesuatu serba terpolusi, terutama di perkotaan, ini radikal bebas dapat dengan mudah menyerang. Jika terus-menerus terpapar, kulit dapat menua lebih cepat.

Selain radikal bebas yang bisa terdapat dalam udara berpolusi serta makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bahan cemaran, beberapa penyebab penuaan kulit dari luar di antaranya paparan matahari berlebih, gravitasi, merokok, ekspresi wajah yang konstan dan tidak ceria (sering cemberut), serta posisi tidur dan pola makan yang salah.

Adapun penyebab penuaan kulit dari dalam bisa disebabkan hilangnya lapisan lemak yang mengakibatkan pipi menjadi cekung serta kantong mata, leher, dan tangan mengendur.

Masa tulang yang menyusut juga dapat menyebabkan kulit menggelambir. Penyebab lainnya adalah ketidakmampuan untuk berkeringat sehingga kulit menjadi lebih kering, berkurangnya hormon estrogen akibat menopause, serta stres berkepanjangan.

Istilah stres oksidatif mengacu pada kondisi di mana terjadi ketidakseimbangan antara jumlah radikal bebas dan zat antioksidan dalam tubuh.

Itulah sebabnya, asupan antioksidan diperlukan untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Beberapa sumber antioksidan alami di antaranya tomat, biji-bijian serealia, sayuran, teh, dan cokelat

0 komentar:

 

©2009 Cerita Wanita | by TNB